INILAH 12 FAKULTAS PTN FAVORIT PILIHAN SISWA

Inilah 12 fakultas favorit menurut survey Tempo pada April 2017, apakah program study Fakultasmu termasuk di dalamnya?

1. Teknologi Informasi/Ilmu Komputer

Calon mahasiswa menilai bahwa untuk program teknologi informasi atau ilmu komputer, ITB termasuk kampus paling favorit diantara perguruan tinggi negeri (PTN) lain. Urutan berikutnya adalah:
 UGM, UI,  ITS, IPB. Peringkat ke-10 diduduki oleh Universitas Riau.

2. Akuntansi

Untuk jurusan akuntansi, PTN terfavorit adalah UGM disusul Politeknik Keuangan Negara STAN, UI, Universitas Airlangga (Surabaya), Universitas Brawijaya (Malang), Universitas Padjadjaran (Bandung), Universitas Diponegoro Semarang, Universitas Hasanudin, Universitas Andalas, dan Universitas Sumatera Utara.

3. Hukum

UI menjadi pilihan pertama sebagai perguruan tinggi negeri terfavorit. Selanjutnya UGM, Universitas Padjadjaran, Unair, Undip, Unibraw, Unhas, USU, Unand dan Unsri.

4. Kedokteran Umum 

Untuk kedokteran umum PTN yang terfavorit adalah UI dan UGM. Selanjutnya Unpad, Unair, Undip dan Unibraw, USU, Unhas, Unand, dan Unsri.

5. Komunikasi 

Di kalangan PTN, UI dan UGM paling favorit untuk jurusan komunikasi. Kemudian disusul peringkatnya oleh UNPAD, Unair, Undip, Unhas, USU, Universitas Sam Ratulangi, dan Unila.|

6. Desain Komunikasi Visual

Ada enam PTN yang menjadi pilihan calon mahasiswa yang ingin mempelajari desain komunikasi visual, yakni ITB, UGM, Unpad, Sekolah Tinggi Desain Indonesia (STDI), Institut Seni Indonesia (ISI), Universitas Negeri Semarang (Unnes), dan Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS).

7. Psikologi

PTN terfavorit untuk bidang psikologi adalah UGM. Peringkat di bawahnya UI lalu Unpad, Undip, Unair, Unibraw, USU, Unnes, dan Universitas Negeri Surabaya.

8. Manajemen 

UI dan UGM menjadi dua kampus terfavorit untuk program studi manajemen. Urutan berikutnya adalah Unpad, Unair, Undip, Unibraw, Unhas, Unand, USU, dan Universitas Jenderal Soedirman.

9. Hubungan Internasional

Hasil survey menempatkan UI peringkat pertama. Disusul oleh UGM lalu Unair dan Unpad yang sebanding, Undip dan Unibraw, Unhas, Unand, Universitas Negeri Makassar, serta UNS.

10. Teknik Sipil 

ITB menjadi yang terfavorit mengungguli UGM, UI, ITS, Undip, Unhas, Unibraw, USU, Unud, dan Unand.

11. Teknik Industri 

ITB masih terfavorit. Kemudian diikuti peringkat di bawahnya yakni UGM, UI, ITS, Undip, USU, Unhas, UNS, Unud, dan Unand.

12. Teknik Mesin 

ITB kembali menjadi terfavorit bagi calon mahasiswa yang berminat untuk melanjutkan kuliah ke jurusan teknik mesin. Posisi dibawahnya adalah UGM, UI, ITS, Undip, dan Unibraw, USU, Unhas, Universitas Negeri Medan, serta Unsri.

Survei dilakukan terhadap 859 responden yang keseluruhannya siswa SMA kelas XII. Masing-masing terdiri atas 260 siswa dari Jabodetabek, 120 siswa Bandung, 124 siswa DI Yogyakarta,122 siswa Surabaya, 115 siswa Medan, dan 118 siswa Makassar.Dari 859 responden, 61 persen siswa perempuan dan 39 persen laki-laki. Usia responden terdiri dari 18-19 tahun sebanyak 17 persen dan yang berusia 16-17 tahun sebanyak 83 persen.
Sumber: TEMPO 

Silahkan Anda lanjutkan dengan artikel berikutnya......
Pencarian Google