Informasi Seputar | Passing Grade | Kunci Jawaban | SBMPTN

LINTAS JURUSAN PADA JALUR UNDANGAN, APA MEMANG BISA?

Lintas jurusan di Jalur Undangan - Satu hal yang seharusnya kamu lakukan adalah memilih jurusan kuliah. Memilih jurusan memang tidak mudah dan butuh waktu. Namun saat ini setidaknya kamu pasti sudah punya rencana pilihan jurusan yang menjadi kandidat yang akan kamu pilih nanti. Setelah kamu menemukan jurusan yang kamu inginkan, bukan berarti urusan selesai. kamu harus menyesuaikan pilihan jurusan kamu dengan aturan Jalur Undangan (SNMPTN).
Pembagian jurusan Jalur Undangan (SNMPTN )
PTN menawarkan jumlah jurusan yang berbeda-beda di Jalur Undangan (SNMPTN ). Pada Jalur Undangan (SNMPTN ) tahun 2015, Universitas Malikussaleh menawarkan 28 program Studi melalui Jalur Undangan (SNMPTN ). Universitas Islam Negeri Alauddin - Sulawesi Selatan menawarkan jurusan paling sedikit yaitu 4 jurusan, Sedangkan jumlah terbanyak dimiliki oleh Univ. Pendidikan Indonesia (UPI)-Bandung dengan 75 jurusan.

LINTAS JURUSAN PADA JALUR UNDANGAN, APA MEMANG BISA?Dari sekian banyak jurusan tersebut, hanya dibagi menjadi 2 Program, yaitu Program: IPA dan IPS. Program IPA berisi kelompok sains dan teknologi; seperti : Pendidikan dokter, teknik, MIPA, Pertanian, sedangkan Program IPS berisi kelompok ilmu sosial seperti ekonomi, komunikasi, hukum, termasuk bahasa dan sastra. Namun demikian, pengelompokan ini bisa berbeda beberapa PTN.

Misalnya:Jurusan Psikologi, umumnya adalah IPS, namun beberapa PTN seperti Universitas Sebelas Maret (USM), Universitas Padjajaran (UNPAD) memasukkan Psikologi dalam IPA dan semua jurusan di IPB masuk kelompok IPA termasuk Bisnis, Ekonomi Syariah dan Manajemen.
Bolehkah Lintas Jurusan di Jalur Undangan (SNMPTN )?
Bila kamu anak IPA, mau ambil jalur undangan Program IPS, berarti hal tersebut termasuk lintas jurusan.
Jawaban atas pertanyaan tersebut: boleh ya, boleh tidak. Panitia SNMPTN menyerahkan wewenang sepenuhnya kepada tiap PTN, apakah jurusan atau program studi tertentu dapat dipilih anak IPA, IPS, Bahasa atau semuanya.

Sebagai contoh, Ilmu Komunikasi UNPAD (IPS) dan Farmasi UGM (IPA) dari situs penerimaan Jalur Undangan (SNMPTN ) tahun 2016.
  1. Jurusan Ilmu Komunikasi UNPAD masuk Program IPS, namun  anak IPS, tapi juga IPA dan SMK yang jurusannya bersesuaian bisa memilih jurusan ini.
  2. Jurusan Farmasi UGM masuk Program IPA, hanya anak IPA dan SMK farmasi yang boleh memilih jurusan ini, anak IPS tidak.
Setiap kampus memberikan perlakuan yang berbeda di tiap jurusan, sehingga aturan untuk jurusan Farmasi UI mungkin tidak sama dengan Farmasi UB, mungkin juga berbeda lagi dengan Farmasi USU. Begitu pula Ilmu Komunikasi UNPAD, mungkin memiliki aturan yang berbeda dengan Ilmu Komunikasi di PTN lain. Pada dasarnya lintas jurusan itu bukan hanya anak IPA memilih jurusan IPS, tetapi juga anaki IPS memilih jurusan IPA.

Peluang Lulus SNMPTN  Lintas jurusan
Kita bisa memperhitungkan seberapa besar peluang lulus di Jalur Undangan (SNMPTN ) bila harus memilih lintas jurusan melalui website SNMPTN.

Contoh:
AKUNTANSI-UNPAD
Perhatikan data berikut.
LINTAS JURUSAN PADA JALUR UNDANGAN, APA MEMANG BISA?
Dari data tersebut bisa kamu  lihat bahwa pada tahun 2015, dari 75 anak yang diterima di Akuntansi UNPAD, 9 diantaranya atau 12,00%  berasal dari jurusan IPA.  Peluang ini sedikit berkurang dibanding tahun sebelumnya, yaitu 2014 sebanyak 20,55%, tahun 2013 sebanyak 24,00% dan tahun 2012 sebanyak  30,34%. Jika kita perhatikan anak IPA yang diterima angkanya lumayan tinggi.

Dari sini kamu  bisa memperhitungkan peluang anak IPA diterima di Akuntansi UNPAD. Termasuk tinggi atau tidak? may be yes, may be no alias relatif.

AKUNTANSI-USU
LINTAS JURUSAN PADA JALUR UNDANGAN, APA MEMANG BISA?
Akuntansi USU menerima total 90 orang melalui Jalur Undangan, antara lain 65 orang dari IPS dan 25 orang dari IPA. Perhatikan juga data tahun 2012 sampai tahun 2014. Peluang ini sedikit berkurang dibanding tahun sebelumnya, yaitu 2014: 39%, tahun 2013 sebanyak 35,85% dan tahun 2012 sebanyak  14,4%, artinya persentase anak IPA yang diterima angkanya cukup tinggi.

Jadi untuk bisa menilai seberapa besar peluang diterima di jalur Undangan PTN bagi kamu yang lintas jurusan, kamu bisa menganalisanya seperti contoh di samping.

Terimakasih telah mempelajari:" LINTAS JURUSAN PADA JALUR UNDANGAN, APA MEMANG BISA? " Silahkan Pelajari Artikel kami berikutnya.....

POST TERBARU