7 TIPS BAGI YANG TIDAK LULUS KE PTN AGAR TIDAK STRESS DAN SALAH ARAH

Seleksi beserta masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) telah usai?. Tidak seluruh peserta akan beruntung karena keterbatasan daya tampung kampus negeri. Nah, sambil menyusun planning / rencana berikutnya, teman-teman  telah wajib memahami apa yang mesti dilakukan Jika ternyata masih belum berhasil masuk PTN melalui SBMPTN.
Beberapa alternatif yang biasa dilakukan setelah SBMPTN.
Ujian mandiri
Jika sangat berminat masuk Perguruan Tinggi Negeri, Teman-teman  bisa mengikuti ujian program Mandiri pada PTN-Perguruan Tinggi Negeri pilihan. Ini adalah jalur terakhir yang mampu teman-teman  tempuh untuk sebagai mahasiswa kampus negeri tahun ini.
Daftar ke kampus Swasta
teman-teman  bisa jua mendaftar serta mengikuti ujian masuk di banyak sekali kampus swasta. Langkah ini mampu menjadi planning cadangan Jika Teman-teman  tidak lulus SBMPTN tetapi ingin segera kuliah.
Mengikuti Kursus
Kembangkan keterampilan mu dengan mengikuti berbagai berbagai kursus. Ada banyak kursus yg bisa teman-teman  pilih, seperti: bahasa asing, komputer , memasak dan menjahit.
Bimbingan Belajar
Alternatip ini cocok buat Teman-teman  yang masih ingin kuliah dan lulus seleksi kampus negeri. Teman-teman  lebih baik mengikuti Bimbingan Belajar selama setahun buat mempersiapkan diri mengikuti SBMPTN tahun berikutnya, ada baiknya Teman-teman  daftar untuk bimbel di Rumah Belajar O-Brain.
Bekerja
Pilihan ini dapat diambil lulusan Sekolah Menengah kejuruan karena mereka telah mempunyai bekal keterampilan. Tetapi, banyak pula lulusan Sekolah Menengan Atas (SMA) yang menentukan bekerja sambil menunggu kesempatan ujian berikutnya. Selain buat mengisi waktu, Teman-teman  pula mampu menerima uang sendiri menggunakan bekerja.
Menikah
Inilah pilihan terakhir. Menikah artinya jalan terbaik untuk menghindari pergaulan bebas. Selain itu, Teman-teman  juga bisa kuliah meski telah berstatus sebagai suami atau istri.
Pencarian Google