JURUSAN IPA PALING DIMINATI DI SMBPTN

Jurusan Kuliah IPA Yang Paling Diminati di SBMPTN

Profil Jurusan Perguruan Tinggi: Jurusan Kuliah IPA Yang Paling Diminati di SBMPTN. Bagi setiap lulusan SMA/Sederajat tentu punya keinginan untuk melanjut ke Perguruan Tinggi seperti Universitas atau Akademi.

Sebelum menentukan pilihan jurusan kuliah pada seleksi masuk baik SNMPTN 2014 maupun SBMPTN 2014, ada baiknya anda mengetahui jurusan kuliah IPA yang paling banyak diminati oleh lulusan Sekolah Menengah Atas saat akan meneruskan pendidikan di Perguruan Tinggi.

Berikut adalah data jurusan kuliah IPA yang paling diminati dan yang favorit.

1. PENDIDIKAN DOKTER / Kedokteran UMUM
Peringkat pertama terfavorit adalah jurusan Pendidikan dokter. Hal ini terjadi karena bidang ini terbilang cukup stabil dan permintaan untuk tenaga medis cukup banyak di Indonesia. Bagi yang ingin memilih jurusan kuliah ini tentu harus mempersiapkan diri dengan baik karena persaingannya sangat ketat.

Berikut Profil Jurusan di Bidang IPA terpopuler mencangkup: Pendidikan dokter, Kedokteran Gigi dan Kesehatan Masyarakat.

Daftar Universitas yang terdapat jurusan pendidikan dokter adalah : UNSYIAH, UNIMAL, USU, UNAND, UNRI, UNSRI, UNILA ,UI ,UIN Jakarta, UNPAD, UNTAN, UNIB, UNJA, UNSOED, UNDIP, UNS, UGM, UNAIR, UB, UNEJ, UNUD, UNRAM, UNDANA UNLAM, UNMUL, UNHAS,UNTAD, UNHALU, UNSRAT, UNCEN

2. Ilmu Komputer / TEKNIK INFORMATIKA
Yang membuat jurusan kuliah ini menjadi pilihan, lulusan dari jurusan komputer berkesempatan memperoleh pekerjaan dengan bayaran yang tinggi, dimanapun itu baik didalam Negeri maupun luar Negeri.

Teknik informatika adalah kumpulan disiplin yang mengolah fakta simbolik dengan menggunakan hardware (komputer), software (perangkat lunak) dan brainware (pemakai). Kelompik bidang keahlian teknik informatika adalah rekayasa perangkat lunak dan sistem informasi, grafik dan intelegensia buatan, sistem jaringan komputer terdistribusi, kontrol robotika dan komputer. Selengkapnya pada Profil Jurusan Ilmu Komputer dan Profil Jurusan Teknik Informatika.

Daftar Universitas yang terdapat jurusan Ilmu Komputer atau Teknik Informatika adalah UNSOED, UNDIP, UNS, UGM, UIN Yogya, ITS, UNIJOYO, UB, UIN Malang, UNUD, UNPAR, UNLAM, UNMUL, UNHAS, UIN Makasar, UNHALU

3. Teknik Pertambangan & Perminyakan / FTTM
Sesuai dengan namanya Program Studi (prodi) Teknik Pertambangan akan mempelajari berbagai macam hal yang berhubungan dengan proses penambangan terutama mineral berharga dan batubara seperti ada pada artikel kami Profil Jurusan Teknik Pertambangan dan Profil Jurusan Teknik Perminyakan.

Daftar Universitas/ Institut yang terdapat jurusan Teknik Pertambangan / FTTM adalah : UNP, UNSRI, ITB, UNDANA, UNPAR, UNLAM, UNMUL, UNHAS, UNCEN

4. Teknik Sipil
Proyek-proyek pemerintah dan swasta yang sekarang semakin menjamur, juga semakin banyaknya pihak yang ingin membangun infrastruktur berbasis Eco-living membuat para lulusan teknik sipil dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan kontraktor.

Teknik Sipil mempelajari perencanaan lengkap konstruksi bangunan, jembatan, gedung, jalan dan sebagainya. Selain itu sarjana teknik sipil juga diajarkan pelaksanaan pengawasan dan pengelolaan bangunan. Belajar di Prodi ini akan akan kental dengan pelajaran fisika, terutama fisika keseimbangan dan mekanika selain matematika dan statistik, selengkapnya dapat dibaca pada Profil Jurusan Teknik Sipil.

Daftar Universitas/ Institut yang terdapat jurusan Teknik Sipil : UNSIAS, UNIMAL, USU, UNAND, UNRI, UNSRI, UNIB, UNILA, UNTAN, UNTIRTA, UI, IPB, UPI, IPB, ITB, UNSUD, UNDIP, UNS, UGM, ITS, UB, UNEJ, UNUD,UNRAM, UNDANA, UNPAR, UNLAM,UNESA, UBT, UNHAS.

5. Teknik Mesin
Jurusan yang satu ini juga tak kalah banyak dilirik oleh anak-anak yang baru saja lulus SMA karena menawarkan pekerjaan dengan gaji yang cukup tinggi. Meski persaingan untuk masuk ke jurusan ini terbilang sulit, tapi minat untuk masuk jurusan kuliah ini tetap saja tinggi. Untuk itu, bagi yang berminat bisa menyiapkan diri saat ini.

Program studi ini mempelajari konstruksi dan perancangan kerangka mesin, komponen, dsb seperti pada Profil Jurusan Teknik Mesin.

Daftar Universitas/ Institut yang terdapat jurusan Teknik Mesin : UNSYIAH, UNIMAL, USU, UNAN, UNRI, UNSRI, UNIB, UNILA, UNTIRTA, UI, ITB, IPB, UBB, UNDIP, UNS, UGM, ITS UB, UNEJ, UNUD, UNRAM, UNDANA, UNLAM, UNHAS, UNTAD, UNHALU, UNSRAT UNPATI, UNKHAIR, UNCEN

6. Teknik Elektro / STEI
Untuk bidang jurusan teknik, jurusan teknik elektro menjadi jurusan kedua yang paling banyak diminati setelah jurusan teknik mesin. Jurusan ini terbilang unik karena menawarkan lahan kerja yang sangat disukai anak-anak masa kini yang senang dengan teknologi atau gadget. Tidak heran jurusan ini mampu masuk dalam daftar 10 besar jurusan kuliah yang paling diminati. Profil jurusan ini lebih lengkap ada di Profil Jurusan Teknik Elektro.

Daftar Universitas/ Institut yang terdapat jurusan Teknik Elektro : UNSIYAH, UNIMAL, USU, UNP, UNAN, UNRI, UINRiau, UNSRI, UNIB, UNILA, UNTAN, UNTIRTA, UI, ITB, UIN Bdg, UBB, UNSUD, UNDIP, UGM, ITS UB UNEJ, UNUD, UNRAM, UNDANA, UBT, UNHAS, UNTAD, UNHALU, UNSRAT, UNG, UNKHAIR, UNCEN.

Semoga bermanfaat dan bisa menjadi acuan dalam memilih jurusan yang akan di pilih saat mengikuti SBMPTN 2014.

Salam dari blog pribadi: Profil Jurusan Perguruan Tinggi Indonesia
Pencarian Google