Profil Jurusan Oseanografi

Pastipenting - Oseanografi juga disebut oseanologi atau ilmu kelautan, adalah cabang ilmu Bumi yang mempelajari samudra atau lautan.

Ilmu ini mencakup berbagai topik seperti organisme laut dan dinamika ekosistem; arus samudra, gelombang, dan dinamika cairan geofisika; tektonik lempeng dan geologi dasar laut, dan arus berbagai zat kimia dan fisika di dalam lautan dan perbatasannya. 


Topik-topik yang beragam ini menggambarkan berbagai macam disiplin ilmu yang digabungkan para oseanograf untuk mempelajari lautan dunia dan memahami proses di dalamnya, yaitu biologi, kimia, meteorologi, fisika, dan geografi.

Ilmu oseanografi dibagi menjadi beberapa cabang:
  1. Oseanografi biologi, atau biologi laut, adalah ilmu yang mempelajari tumbuhan, hewan dan mikroba lautan dan interaksi ekologisnya dengan samudra;
  2. Oseanografi kimia, atau kimia laut, adalah ilmu yang mempelajari kimia lautan dan interaksi kimiawinya dengan atmosfer;
  3. Oseanografi geologi, atau geologi laut, adalah ilmu yang mempelajari geologi dasar samudra, termasuk tektonik lempeng dan paleoseanografi;
  4. Oseanografi fisik, atau fisika laut, mempelajari atribut fisik lautan yang meliputi struktur suhu-salinitas, pencampuran, gelombang, gelombang internal, pasang laut permukaan, pasang laut internal, dan arus.
Profil Jurusan Oseanografi
Lapangan Kerja Jurusan Oseanografi:
  1. Departemen Kelautan
  2. Dephub seperti PT Pelni
  3. TNI Angkatan Laut
  4. LIPI
  5. Perusahaan-perusahaan pengeboran minyak lepas seperti Mobil Oil, dll.
Bidang Minat :
  1. Studi dinamika pasang surut, arus & gelombang laut
  2. Studi abrasi & Sedimentasi pantai
  3. Studi penanggulangan Dampak Penyebaran Polutan Laut
  4. Teknologi pemanfaatan & Pemetaan Sumber daya kelautan
Kemampuan Penunjang:
Jurusan ini disyaratkan memiliki kesehatan yang baik, ketahanan dan kekuatan fisik yang cukup, dan tidak cacat jasmani karena banyak kegiatan laboratorium lepas pantai.
Pencarian Google