Profil Jurusan Teknik Nuklir

Teknik nuklir adalah penerapan praktis bidang ilmu inti atom yang disarikan dari prinsip-prinsip fisika nuklir dan interaksi antara radiasi dan material. Bidang keteknikan ini mencakup perancangan, pengembangan, percobaan, operasi dan perawatan sistem dan komponen fissi nuklir, khususnya reaktor nuklir, PLTN dan/atau senjata nuklir. Bidang ini juga dapat mencakup studi tentang fissi nuklir, aplikasi radiasi pada kedokteran nuklir, keselamatan nulir, perpindahan panas, teknologi pengelolaan bahan bakar nuklir, proliferasi nuklir, dan efek limbah radioaktif atau radioaktivitas lingkungan.
 
Saat ini di Indonesia hanya ada satu program studi Teknik Nuklir, yaitu Program Studi Teknik Nuklir, Jurusan Teknik Fisika - Universitas Gadjah Mada (UGM). Sedangkan dari Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) sendiri memiliki sebuah perguruan tinggi kedinasan yang mencetak Sarjana Sains Terapan bidang nuklir. Namanya adalah STTN - BATAN (Sekolah Tinggi Teknologi Nuklir). Kedua lembaga pendidikan tersebut berada di Yogyakarta.Lapangan Kerja, Bidang Minat dan Kemampuan Penunjang Jurusan Teknik Nuklir

Lapangan Kerja Jurusan Teknik Nuklir:
  • Peneliti di BATAN, BPPT, LIPI, Pertamina, dll
  • Dosen
Bidang Minat :
  • Aplikasi teknologi nuklir untuk bidang kedokteran, industry makanan, industry logam, pertanian, perminyakan dan lingkungan.
  • Teknologi reactor nuklir & PLTN
Kemampuan Penunjang :
  • Fisika
  • Kimia
Teknik Nuklir mempelajari tentang fisika inti terutama pada masalah radioaktifitas dan penggunaan radiasi nuklir untuk bidang pertanian, kedokteran, lingkungan, industry, dan reactor nuklir.
Pencarian Google