Informasi Seputar | Passing Grade | Kunci Jawaban | SBMPTN

INFORMASI PENERIMAAN CALON PRAJA IPDN 2014/2015

Sekolah Kedinasan - Sampai saat ini di IPDN masih menganut sistem tritunggal terpusat, yaitu pengajaran, pelatihan dan pengasuhan (Jarlatsuh). Ketiga fungsi tersebut diselenggarakan dan diorganisasikan dalam dua fakultas yang terbagi menjadi beberapa jurusan yaitu : 
  1. Fakultas Manajemen Pemerintahan terdiri dari  Jurusan Manajemen Sumber Daya Aparatur, Jurusan Pembangunan Daerah,  Jurusan Keuangan Daerah  dan Jurusan Kependudukan dan Catatan Sipil
  2. Fakultas Politik Pemerintahan terdiri dari  Jurusan Kebijakan Pemerintahan dan  Jurusan Pemberdayaan Masyarakat

Informasi AWAL Penerimaan CALON PRAJA IPDN 2014/2015

Institut Pemerintahan Dalam Negeri atau biasa disingkat dengan IPDN tahun ajaran 2014/2015 ini kembali membuka pendaftaran Calon Praja. Pendaftaran sendiri baru akan dimulai pada AWAL BULAN JULI 2014 (silahkan kembali lagi ke sini untuk kepastian tanggalnya)

Syarat Umum Penerimaan CALON PRAJA IPDN 2014 – 2015
  • Warga Negara Indonesia.
  • Usia Pelamar/Peserta Seleksi umum maksimal 21 (dua puluh satu) tahun per 21 Mei 2014 dan Peserta Seleksi PNS Tugas Belajar berumur Maksimal 24 (dua puluh empat) tahun per 21 Mei 2014 dan mempunyai masa kerja menjadi PNS minimal 2 (dua) tahun.
  • Tinggi badan peserta seleksi PRIA minimal 160 cm dan WANITA minimal 155 cm.
  • Tahun Ijazah/Surat Tanda Tamat Belajar (STTB) Sekolah Menengah Atas (SMA)/Madrasah Aliyah (MA) pendaftar, yaitu tahun 2012, 2013 dan 2014.
  • Nilai rata-rata Ijazah/STTB SMA/MA minimal 7,00 (tujuh koma nol nol).
  • Tidak bertato atau bekas tato dan bagi peserta seleksi pria tidak ditindik atau bekas ditindik telinganya atau anggota badan lainnya kecuali karena ketentuan agama/adat.
  • Tidak menggunakan kacamata/lensa kontak sesuai dengan unsur pemeriksaan kesehatan.
  • Bagi Pendaftar yang masih duduk di kelas XII pada tahun 2014, dapat mendaftarkan diri dengan menyertakan surat keterangan yang ditandatangani dan disahkan oleh Kepala Sekolah, yang menyatakan bahwa yang bersangkutan masih duduk di kelas XII, atau menggunakan surat keterangan tanda lulus Ujian Nasional yang ditandatangani dan disahkan oleh Kepala Sekolah.
  • Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) dari Kepolisian tingkat Kabupaten/Kota setempat.
  • Surat Keterangan Berbadan Sehat dari Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD)/Puskesmas Pemerintah setempat.
  • Surat Pernyataan belum pernah menikah/kawin, hamil/melahirkan dan sanggup tidak menikah/kawin selama mengikuti pendidikan yang diketahui orang tua/wali dan disahkan Kepala Desa/Lurah setempat, yang dinyatakan secara tertulis, ditandatangani di atas materai Rp.6.000,-.
  • Surat Pernyataan bersedia mentaati Peraturan Kehidupan Praja dan bersedia mengembalikan seluruh biaya pendidikan yang telah dikeluarkan pemerintah dikarenakan mengundurkan diri, diberhentikan dan/atau melanggar peraturan pendidikan dan diketahui oleh orang tua/wali, yang dinyatakan secara tertulis, ditandatangani di atas materai Rp.6.000,-.
  • Surat Pernyataan siap diberhentikan tanpa menuntut dimuka pengadilan melalui PTUN jika melakukan tindakan kriminal, mengkonsumsi maupun menjual belikan narkoba, melakukan perkelahian, pemukulan dan pengeroyokan, dan melakukan tindakan asusila, berdampak hukum atau tidak, yang dinyatakan secara tertulis dan ditandatangani di atas materai Rp.6.000,-.
Syarat Khusus
  • Fotocopy Ijazah/Surat Tanda Tamat Belajar (STTB) Sekolah Menengah Atas (SMA)/Madrasah Aliyah (MA) yang dilegalisir oleh pejabat yang berwenang.
  • Pasphoto berwarna menghadap kedepan dan tidak memakai kacamata, ukuran 3 x 4 cm sebanyak 6 (enam) lembar, dan 4 x 6 cm sebanyak 4 (empat) lembar.
  • Foto ukuran post card (4R) yang menampilkan postur seluruh tubuh, dari ujung kepala sampai ujung kaki, posisi sikap sempurna, dengan pakaian putih lengan pendek dan celana panjang warna hitam bagi peserta pria, wanita menyesuaikan, sebanyak 1 (satu) lembar.
  • Menyerahkan berbagai surat pernyataan yang telah ditentukan.
  • Syarat pendaftaran disusun rapi dan dimasukkan kedalam stofmap berwarna biru bagi pelamar pria dan stofmap berwarna merah bagi pelamar wanita.
Tempat dan Waktu Pendaftaran: Pendaftaran dilakukan oleh peserta seleksi CPNS Calon Praja IPDN Tahun Ajaran 2014/2015 pada Badan Kepegawaian Daerah atau sebutan lainnya di Kabupaten/Kota seluruh Indonesia.

Waktu Pendaftaran: Pendaftaran dilaksanakan mulai AWAL BULAN JULI 2014 (silahkan kembali lagi ke sini untuk kepastian tanggalnya)
Tahapan Seleksi : Tahapan Seleksi Penerimaan CPNS Calon Praja IPDN Tahun Ajaran 2014/2015 menggunakan SISTEM GUGUR, meliputi:
  • Seleksi Administrasi.
  • Tes Kompetensi Dasar (TKD).
  • Tes Kesehatan.
  • Tes Kesamaptaan/Jasmani.
  • Tes Psikologi dengan penambahan sub item Tes Integritas dan Kejujuran.
  • Cek Ulang Kesehatan.
  • Cek Ulang Kesamaptaan/Jasmani. dan
  • Wawancara Penentuan Akhir (Pantukhir).
Materi Test Tulis: Materi Tes Kompetensi Dasar (TKD) untuk mengukur kecerdasan majemuk (multiple intelligences) CPNS Calon Praja IPDN, disiapkan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kementerian PAN dan RB) dan Badan Kepegawaian Negara (BKN), yang terdiri dari :
  • Tes Karakteristik Pribadi (TKP).
  • Tes Intelegensi Umum (TIU). dan
  • Tes Wawasan Kebangsaan (TWK).
Salam 

Terimakasih telah mempelajari:" INFORMASI PENERIMAAN CALON PRAJA IPDN 2014/2015 " Silahkan Pelajari Artikel kami berikutnya.....

POST TERBARU