TIPS MENGATASI KEJENUHAN SAAT BELAJAR

Jenuh saat belajar? itu wajar dan sangat manusiawi. Kejenuhan adalah faktor utama yang menyebabkan banyaknya pelajar malas dalam melanjutkan pelajarannya. Apakah yang menyebabkan siswa mengalami keletihan mental (kejenuhan) ?
Berikut ada beberapa faktor yang menyebabkan keletihan mental (kejenuhan) yakni:
  1. Karena kecemasan siswa terhadap dampak negatif yang ditimbulkan oleh keletihan itu sendiri.
  2. Karena kecemasan siswa terhadap standar/patokan keberhasilan bidang-bidang studi tertentu yang dianggap terlalu tinggi terutama ketika siswa tersebut sedang merasa bosan mempelajari bidang-bidang studi tadi.
  3. Karena siswa berada di tengah-tengah situasi kompetitif yang ketat dan menurut lebih banyak kerja intelek yang berat.
  4. Karena siswa mempercayai konsep kinerja akademik yang optimum, sedangkan dia sendiri menilai belajarnya sendiri hanya berdasarkan ketentuan yang ia bikin sendiri.
    TIPS MENGATASI KEJENUHAN SAAT BELAJAR
Tapi, kejenuhan itu sebetulnya bisa kita atasi dengan memperhatikan tips berikut ini...

1. MENGAKALI TEORI DAN RUMUS

Sadar atau tidak, jika kita kebanyakan menghafal rumus atau teori, otak kita bisa menjadi terasa mampet. Akibatnya, yang ada kita jenuh dan tidak bisa berfikir lagi. Untuk mengatasinya, coba rumus atau teori itu, kita jadikan sesuatu yang baru. Misalnya, dengan menggunakan Mind Mapping atau Peta Pikiran. Mungkin juga dengan jembatan keledai yang mudah diingat seperti warna pelangi yaitu MejiKuHiBiNiU atau susunan tata surya yaitu MeVebuMaJuSaUrNep, ya dengan rumus WOW ala Rumah Belajar O-Brain

2. TARGET DAN TANTANGAN

Tak ada target atau tantangan dalam belajar juga bisa membuat kita jenuh. Misalnya, kita mempelajari hal yang itu-itu saja tak ada kemajuan sama sekali. Sehingga kita mesti ada pendorong diri kita sendiri dengan membuat target dan tantangan dalam belajar.

3. SESEKALI UBAH CARA BELAJAR

Cara belajar yang sama juga bisa menyebabkan kejenuhan. Oleh karena itu, tak ada salahnya kita merubah cara belajar kita sehari-hari. Misalnya jika memang kamu terbiasa menyendiri di tempat yang sepi, cobalah buat suasana belajar kamu dengan ditemani musik atau belajar bersama kelompok.

4. SUASANA BARU TEMPAT BELAJAR

Jangan sungkan untuk mengubah posisi tempat belajar kita. Jika perlu, beri bunga diatas meja belajar kita atau mungkin foto idola. Begitu juga dengan belajar dikelas. Jika itu merasa jenuh, jangan pernah ragu untuk pindah posisi belajar yang nyaman pada guru dikelas kamu, atau kita juga bisa meletakkan barang-barang kesukaan yang bisa membuat kamu makin semangat belajar didalam kelas.

5. MAKAN DAN ISTIRAHAT YANG CUKUP

Rasa kejenuhan dalam belajar bisa kita atasi dengan cukup istirahat dan makan. Apabila pada saat kita belajar terasa perut keroncongan, mata berkunang-kunang atau malah pendengaran kita berkurang, jangan ragu untuk berhenti belajar sejenak, itu merupakan tanda bahwa fisik dan indera kita sudah tak sanggup lagi menerima pelajaran.

6. PILIH WAKTU BELAJAR YANG TEPAT

Waktu belajar yang paling pas adalah pada saat badan kita masih segar. Memang tidak semua orang punya waktu belajar yang sama. Tapi biasanya, pagi hari adalah waktu yang tepat untuk berkonsentrasi penuh. Gunakan saat ini untuk mengelola materi-materi baru. Sisa-sisa energi bisa digunakan untuk mengulang pelajaran dan mengerjakan pekerjaan rumah.

7. KEMBANGKAN MATERI YANG SUDAH DIPELAJARI

Jika kita sudah mengulang materi dan menjawab semua soal latihan, jangan langsung tutup buku. Cobalah kita berfikir kritis ala ilmuwan. Buatlah beberapa pertanyaan yang belum disertakan dalam soal latihan. Minta tolong guru untuk menjawabnya, jika masih belum puas, cari jawabannya pada buku referensi lain atau internet. Dengan cara ini bisa mengajak kita untuk selalu berfikir jauh kedepan dan lebih kritis.

8. CATAT POKOK MATERI PELAJARAN

Tinggalkan catatan pelajaran yang panjang. Ambil intisari atau kesimpulan dari setiap pelajaran yang sudah kita baca ulang. Kata-kata kunci inilah yang nantinya akan berguna untuk pendamping kita dalam menghadapi ujian.

Semoga bermanfaat
Salam dari Informasi SNMPTN | SBMPTN | UMPN | KEDINASAN
Pencarian Google