Nilai UN Tidak Lagi Pengaruhi Kelulusan SNMPTN dan SBMPTN

Info SBMPTN - Tahun 2018 ini, hasil Ujian Nasional (UN) dan atau Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) tidak dipakai lagi sebagai syarat kelulusan seleksi mahasiswa baru di PTN, baik SNMPTN maupun SBMPTN.

Tahun sebelumnya hasil UN atau USBN selalu dipakai sebagai pertimbangan SNMPTN walaupun sangat bergantung pada rektor masing-masing.

Hal ini sesuai kesepakatan Menristek dan Mendikbud untuk tidak saling tergantung. Artinya, UN dan USBN tidak lagi dikaitkan dengan seleksi penerimaan mahasiswa baru, SNMPTN maupun SBMPTN 2018.
Nilai UN Tidak Lagi Pengaruhi Kelulusan SNMPTN dan SBMPTN
Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru di PTN terbagi tiga jalur.
  1. SNMPTN atau Penelusuran Jalur Prestasi dan Rapor alokasi minimal 30%, 
  2. SBMPTN atau Seleksi Tes Tertulis minimal 30%, dan 
  3. Seleksi Mandiri yang dilakukan di masing-masing PTN maksimal 30%.
Bagaimana kalau siswa yang lulus SNMPTN atau SBMPTN namun, siswa yang bersangkutan dinyatakan tidak lulus sekolah?

Bila hal ini terjadi maka tentu otomatis status kelulusan SNMPTN ataupun SBMPTN pun akan batal. Jadi kalau enggak lulus SMA otomatis status kelulusan SNMPTN ataupun SBMPTN dibatalkan.

Sesuai rencana, pengumuman hasil seleksi SNMPTN akan dilakukan pada 17 April 2018, dan pendaftaran ulang peserta yang lulus di PTN masing-masing akan dilaksanakan pada 8 Mei 2018 bersamaan dengan pelaksanaan ujian tertulis SBMPTN.

Sementara untuk SBMPTN pendaftaran online untuk ujian tulis berbasis cetak (UTBC) dan ujian tulis berbasis komputer (UBTK) akan berlangsung mulai 5 April-27 April 2018.

Untuk pelaksanaan UTBC dan UTBK akan berlangsung pada 8 Mei 2018. Uji keterampilan akan dilakukan pada 9 dan atau 11 Mei 2018.

 Pengumuman hasil seleksi SBMPTN dijadwalkan pada 3 Juli 2018.
Pencarian Google