Profil Jurusan Psikologi: BERNIAT JADI PSIKOLOG?

Profil Jurusan - Psikologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari perilaku manusia dalam hubungan dengan lingkungannya, psikologi dapat diartikan dengan ilmu yang mempelajari tentang jiwa.

Profil Jurusan Psikologi
Psikologi memiliki tiga fungsi sebagai ilmu yaitu:
  • Menjelaskan, yaitu mampu menjelaskan apa, bagaimana, dan mengapa tingkah laku itu terjadi. Hasilnya penjelasan berupa deskripsi atau bahasan yang bersifat deskriptif
  • Memprediksikan, Yaitu mampu meramalkan atau memprediksikan apa, bagaimana, dan mengapa tingkah laku itu terjadi. Hasil prediksi berupa prognosa, prediksi atau estimasi
  • Pengendalian, Yaitu mengendalikan tingkah laku sesuai dengan yang diharapkan. Perwujudannya berupa tindakan yang sifatnya preventif atau pencegahan, intervensi atau treatment serta rehabilitasi atau perawatan.

Pendekatan perilaku

Pendekatan perilaku, pada dasarnya tingkah laku adalah respon atas stimulus yang datang. Secara sederhana dapat digambarkan dalam model S - R atau suatu kaitan Stimulus - Respon. Ini berarti tingkah laku itu seperti reflek tanpa kerja mental sama sekali.

1. Pendekatan kognitif,

Pendekatan kognitif menekankan bahwa tingkah laku adalah proses mental, dimana individu (organisme) aktif dalam menangkap, menilai, membandingkan, dan menanggapi stimulus sebelum melakukan reaksi. Individu menerima stimulus lalu melakukan proses mental sebelum memberikan reaksi atas stimulus yang datang.

2. Pendekatan psikoanalisa,

Pendekatan Psikoanalisa yang dikembangkan oleh Sigmund Freud/ Pendekatan psikoanalisa dikembangkan oleh Sigmund Freud. Ia meyakini bahwa kehidupan individu sebagian besar dikuasai oleh alam bawah sadar. Sehingga tingkah laku banyak didasari oleh hal-hal yang tidak disadari, seperti keinginan, impuls, atau dorongan. Keinginan atau dorongan yang ditekan akan tetap hidup dalam alam bawah sadar dan sewaktu-waktu akan menuntut untuk dipuaskan.

3. Pendekatan fenomenologi.

Pendekatan fenomenologi ini lebih memperhatikan pada pengalaman subyektif individu karena itu tingkah laku sangat dipengaruhi oleh pandangan individu terhadap diri dan dunianya, konsep tentang dirinya, harga dirinya dan segala hal yang menyangkut kesadaran atau aktualisasi dirinya. Ini berarti melihat tingkah laku seseorang selalu dikaitkan dengan fenomena tentang dirinya.
Lapangan Kerja, Bidang Minat dan Kemampuan Penunjang Jurusan Psikologi

Lapangan Kerja Jurusan Psikologi:

  • Para lulusannya berkiprah di lingkungan sekolah maupun di luar sekolah; di lingkungan Depdiknas maupun di luar Depdiknas seperti; Depnaker, Depsos, Industri pariwisata, TNI/Polri.
  • Biro Konsultan Psikologi.
  • Bagian sumberdaya manusia pada suatu perusahaan yang maju.
Kemampuan Penunjang :
  • Kemampuan logika
  • Berfikir bebas
Psikologi merupakan ilmu yang berkaitan dengan proses-proses mental (normal maupun abnormal) yang berpengaruh pada perilaku manusia, seperti mengkaji secara teoritis dan praktis bidang psikologi pendidikan, bimbingan konselor pendidikan, manajemen layanan, diagnostic dan remedial kesulitan belajar.

baca juga dong...
Pencarian Google