Profil Jurusan Kedokteran Hewan

Kedokteran hewan adalah penerapan prinsip-prinsip ilmu kedokteran, diagnosis, dan terapi pada hewan. Ilmu kedokteran hewan sangat penting untuk melindungi hewan, kesehatan hewan, dan memantau penyebaran penyakit, terutama yang dapat menular antara hewan dan manusia.

Ilmu kedokteran hewan sudah mencapai pada tahap spesialisasi. Di Amerika Serikat, Asosiasi Kedokteran Hewan Amerika (AVMA) menetapkan berbagai cabang spesialisasi seperti anestesiologi, perilaku, dermatologi, perawatan darurat, penyakit dalam, kardiologi, onkologi, neurologi, radiologi, dan bedah. Untuk menjadi spesialis, seseorang harus menyelesaikan pendidikan kedokteran hewan dasar, kemudian mengikuti masa residensi.
 

Lapangan Kerja, Bidang Minat dan Kemampuan Penunjang Jurusan Kedokteran Hewan

Lapangan Kerja Jurusan Kedokteran Hewan:
  • Dokter praktek
  • Dokter Hewan untuk Kebun Binatang
  • Dokter Hewan untuk Kesehatan Masyarakat
  • Dosen, dll.
Kemampuan Penunjang
  • Tidak takut hewan; Dapat menggunakan logika untuk menganalisis data-data yang diperoleh sehingga mampu memutuskan dengan cepat dan akurat.
Kedokteran Hewan merupakan bagian dari ilmu kedokteran yang memfokuskan bidangnya dalam mempelajari, mencegah, mendiagnosa, dan perawatan terhadap segala sesuatu yang berhubungan dengan kesehatan hewan terutama terhadap gangguan penyakit.
Pencarian Google