Profil Jurusan Geografi


Geografi adalah ilmu yang mempelajari tentang lokasi serta persamaan dan perbedaan (variasi) keruangan atas fenomena fisik dan manusia di atas permukaan bumi. Kata geografi berasal dari Bahasa Yunani yaitu gĂȘo ("Bumi") dan graphein ("menulis", atau "menjelaskan").

Geografi lebih dari sekedar kartografi, studi tentang peta. Geografi tidak hanya menjawab apa dan dimana di atas muka bumi, tapi juga mengapa di situ dan tidak di tempat lainnya, kadang diartikan dengan "lokasi pada ruang." Geografi mempelajari hal ini, baik yang disebabkan oleh alam atau manusia. Juga mempelajari akibat yang disebabkan dari perbedaan yang terjadi itu.


Cabang Geografi
· Geografi fisik
· Geografi manusia
· Geografi manusia-lingkungan
· Perencanaan dan Pengembangan Wilayah
· Ekologi budaya dan politik
· Penelitian risiko-bencana
· Geografi sejarah
Teknik Geografis
·Penginderaan Jauh
·Kartografi
·Sistem Informasi Geografis
·Metode kuantitatif geografi
Bidang Terkait
·Perencanaan Kota dan Wilayah
·Ilmu Wilayah

Di Indonesia, perguruan tinggi yang membuka program studi Geografi sebagai ilmu murni hanya dua perguruan tinggi negeri (Universitas Indonesia (UI) dan UGM (Universitas Gadjah Mada) dan satu perguruan tinggi swasta (Universitas Muhammadiyah Surakarta). Sedangkan program studi Pendidikan Geografi ada di 45 perguruan tinggi.

UGM, Geografi telah berkembang lebih jauh sehingga menjadi Fakultas tersendiri sejak tahun 1963, yaitu Fakultas Geografi. Saat ini telah mempunyai jenjang pendidikan tinggi dari D3 (diploma) Penginderaan Jauh dan SIG, S1, S2 dan S3. Fakultas Geografi UGM juga mempelajari ilmu Perencanaan dan Pengembangan wilayah.

Di UI, Geografi menjadi jurusan dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA). Geografi dipelajari sebagai bagian terapan ilmu-ilmu murni sejajar dengan Matematika, Fisika, Kimia dan Biologi.

Lapangan Kerja, Bidang Minat dan Kemampuan Penunjang  Jurusan Geografi.

Lapangan Kerja Jurusan Geografi:
  • Di instansi pemerintah seperti dinas PU, BPN, BKKBN, Dispenda, dan Biro Pusat Statistik (BPS)
  • Dosen, dll.
Bidang Minat :
  • Geografi Fisik & Lingkungan
  • Geografi Wilayah & Regional Negara
  • Geografi Manusia  / Kependudukan
  • System informasi Geografis, Kartografi, & Penginderaan Jarak Jauh
Kemampuan Penunjang:  Untuk kemampuan penunjang diperlukan dasar-dasar ilmu kealaman, mempunyai ketahanan fisik yang kuat, rajin, cermat, dalam melakukan praktikum di laboratorium, banyak penelitian di lapangan. 

Geografi secara umum mempelajari permukaan bumi sebagai lingkungan hidup manusia yang mengkaji populasi  dan pemanfaatan segala kekayaan bumi, mengkaji peristiwa-peristiwa alam seperti iklim serta mengkaji interaksi-interaksi manusia dengan lingkungannya. Selain itu, dipelajari juga tentang fenomena-fenomena alam yang ada, bagian-bagian dari bumi termasuk materi pendukungnya seperti lapisan bumi,dll
Pencarian Google